Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KONSEP ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

KONSEP ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Pengenalan Algoritma Pemrograman

Algoritma berasal dari kata "algorism" yang berarti proses mengitung. Algoritma bisa diartikan inti atau jantung dari ilmu komputer. 

Algoritma berasal dari kata "algorism" yang berarti proses mengitung. Algoritma bisa diartikan inti atau jantung dari ilmu komputer.   Kata algorism berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa alKhuwarizmi.

Kata algorism berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa alKhuwarizmi.

Secara definis, Algoritma adalah urutan atau tahapan logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistemastis. Urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Ciri Penting Algoritma

1. Memiliki Input

Algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar.

2. Memiliki Output

Algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran.

3. Definiteness (pasti)

Algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu atau memiliki arti ganda.

4. Finiteness (ada batas atau berakhir)

Algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role).

5. Effectiveness (efektif dan efisien)

Algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah : A = A + 0 atau A = A * 1.

Program

Perwujudan atau implementasi algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu.

Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman

Kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu dinamakan program.

Instruksi yang digunakan dalam menulis program disebut bahasa pemrograman.

Orang yang membuat program komputer dinamakan pemrogram atau programmer.

Kegiatan merancang dan menulis program komputer disebut pemrograman atau programming.

Suatu program ditulis dengan mengikuti kaidah Bahasa pemrograman tertentu (Pascal, Turbo C, Basic, Borland C++, Java, dll). 

Paradigma Prosedural Secara Umum

Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti algoritma adalah proses yang prosedural.

Pada program prosedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri dari atas runtunan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah pemroses.

Paradigma Fungsional

Paradigma fungsional tidak mempermasalahkan memorisasi dan struktur data, tidak ada pemilahan antara data dan program. Programmer tidak perlu tahu bagaimana mesin mengeksekusi atau bagaimana informasi disimpan dalam memori, setiap fungsi seperti ”kotak hitam”, yang perlu diperhatikan hanya keadaan awal dan akhir, sebuah program besar dihasilkan dengan menggabungkan fungsi-fungsi yang telah tersedia.

Paradigma Deklaratif

Dalam paradigma ini, programmer menguraikan sekumpulan fakta dan aturan-aturan (inference rules). Ketika program dieksekusi, pemakai akan mengajukan pertanyaan, selanjutnya program akan menggunakan aturan deduksi dan mencocokkan pertanyaan dengan fakta-fakta yang ada untuk menjawab pertanyaan. Contoh paradigm : DSS.

Penyajian Algoritma

Algoritma dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu : tulisan dan gambar/simbol. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan Metode Structure Language dan Pseudocode, Penyajian dalam bentuk gambar biasanya menggunakan metode : Flowchart, HIPO, dan lain-lain.

Pseudocode

Pseudocode merupakan suatu bahasa yang memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap permasalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax dari bahasa pemrograman yang tertentu. Tidak ada aturan penulisan syntax di dalam pseudocode.

read (nama, nilai)

if nilai >= 60 then

keterangan = ‘lulus’

else

keterangan = ‘tidak lulus’

write(nama, keterangan)

Flowchart

Algoritma Flowchart adalah suatu bagan atau diagram dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

Flowchart Algoritma

Contoh Flowchart Algortima