Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susu Kental Manis (SKM) Bukan Untuk Diseduh !! Cukup Jadikan Sebagai Toping

Susu Kental Manis (SKM) Tidak Boleh Diseduh !! Cukup Jadikan Sebagai Toping

SKM atau susu kental manis yang hingga saat ini masih menuai pro dan kontra. Pasalnya BPOM baru saja mengeluarkan anjuran mengenai cara mengkonsumsi SKM.

BPOM menyatakan bahwa susu kental manis hanya boleh dijadikan sebagai campuran atau toping saja tidak boleh langsung diminum dan diseduh layaknya susu yang dibuat untuk kesehatan tubuh.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga melarang penggunaan SMK dengan cara langsung meminumnya. Hal ini juga diungkapkan oleh Rita Endang selaku deputi bidang Pengawasan Pangan Olahan.

SKM bukanlah susu gizi yang dibuat untuk kesehatan tubuh, melainkan sebagai campuran untuk makanan atau pelengkap saja.

Susu Kental Manis (SKM) Tidak Boleh Diseduh !! Cukup Jadikan Sebagai Toping

Tetapi hingga saat ini masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Mirisnya lagi masih banyak orang tua yang memberikan SKM untuk anak mereka, temasuk balita sekalipun.

Pdahal BPOM menegaskan SKM Tidak sama seperti ASI atau susu yang peruntuhkan memang untuk gizi.

"Tipikal dari SKM adalah susu kental manis, memang tidai untuk anak usia di bawah 1 tahun. Sudah ada peringatanya, masyarakat yang memang beresiko terhadap kandungan gulanya seharusnya perlu mengoreksi diri" Kata rita dalam dialog Pro3 RRI (8/9)

SKM memang tidak bisa disebut susu karena 60 persen dari kandungan olahanya terbuat dari gula. Cairan kental yang rasanya manis ini juga disebut sebagai penyebab terjadinya salah gizi atau gizi buruk pada anak dan orang yang meminumnya