10 Manfaat Penting Buah Nangka Serta Efek Samping Konsumsi Nangka

10 Manfaat Penting Buah Nangka Serta Efek Samping Konsumsi Nangka

Nangka merupakan tumbuhan yang cukup populer di indonesia, Tumbuhan nangka termasuk kedalam kategori pohon besar, karena memiliki batang berkayu yang tinggi dan besar. Buah nangka yang sudah matang memiliki aroma dan rasa yang khas dan menggoda.

Tumbuhan yang berasal dari negara India ini, tidak hanya buah yang sudah matang yang bisa di konsumsi tetapi buah nangka yang masih muda banyak dijadikan lauk pauk dan sayur yang merupakan ciri khas masakan indonesia dengan gulai sayur nangka mudanya.

Kandungan Buah Nangka

Berikut ini kandungan yang ada pada buah nangka

  • Kaya akan vitamin A & C
  • Vitamin B
  • Thiamin, Kaslium, Riboflavin
  • Zat besi, niasing & seng
  • Kalori (rendah)
  • Folat
  • Kalium & Magnesium
  • DLL
Tahukah kamu bahwa buah nangka muda merupakan sayur yang tidak pernah absen pada acara dan resepsi pernikahan indonesia, tidak tau apa sebabnya, tetapi bisa kamu buktikan sendiri, jika pegi ke resepsi pernikahan pasti ada lauk sayur nangka muda.

Manfaat Buah Nangka

Berikut ini 20 Manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh manusia

1. Memperkuat imun tubuh

Buah nangka memiliki banyak vitamin yang berguna untuk memperkuat dan melindungi daya tahan tubuh dari berbagai penyakit.

Vitamin C pada nangka memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh. Sedangkan vitamin B merupakan vitamin yang sangat penting untuk tubuh disamping hanya sedikit buah yang memiliki vitamin B

2. Atasi sembelit

Karantenoid yang ada pada buah nangka ternyata dapat mengatasi sembelit pada manusia,

3. Makanan untuk diet

Serat yang melimpah pada buah ini menjadikannya makanan dan asupan yang sangat cocok untuk anda yang sedang menjalani program diet.

4. Mencegah darah tinggi

Buah nangka memiliki kalium yang bermanfaat untuk mencegah agar darah tetap normal.

Nangka juga direkomendasikan sebagai tumbuhan yang dipercayai bisa menurunkan tekana darah tinggi

5. Kulit lebih sehat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa nangka memiliki vitamin C yang berlimpah, dan ternyata vitamin C pada nangka bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan membuat kulit tetap sehat.

6. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan sampai saat ini, belum ada obat yang benar-benar ampuh untuk mengobati penyakit ini. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena Buah nangka memiliki senyawa alami (Fitonutrien) yang berguna sebagai obat pencegah kanker pada tubuh.

7. Mencegah Anemia dan Meningkatkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi pada nangka mampu mencegah penyakit anemia dan Buah nangka bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh

8. Menjaga kesehatan tulang

Tulang manusia sangat berperan penting didalam melangsungkan kehidupan, oleh karena itu tulang patut dijaga agar tetap sehat dan kuat. Kandungan maksesium pada nangka mampu menjaga kesehatan tulang manusia.

9. Anti penuaan 

Siapa sangka, ternyata nangka bisa memperlambat penuaan pada wajah manusia, jadi konsumsi nangka biar awet terus hehe.

10. Mempercepat penyembuhan luka

Dikarenakan ada banyak vitamin yang terdapat pada buah nangka, jadi tidak heran jika salah satu kandungan dari vitamin tersebut bisa membuat penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Efek samping dari buah nangka


Efek samping dari buah nangka
Sumber : Pixabay.com

Segala sesuatu yang dikonsumsi pasti memiliki manfaat dan juga efek samping untuk tubuh. Walau efek samping yang di timbulkan tidak begitu berpengaruh tetapi bila kebanyakan mengkonsumsi nangka ternyata malah bisa membuat tubuh menjai tidak sehat.

Apa saja efek samping tersebut. Berikut ini efek samping konsumsi buah nangka
  1. Berbahaya bagi penderita ginjal kronis
  2. Menyebabkan reaksi alergi
  3. Membekukan darah
  4. Membuat perut kembung
  5. Feses menjadi tidak normal
  6. Meningkatkan suhu janin dan kontraksi dini
  7. Menimbulkan Maag
Itu adalah beberapa efek samping jika mengkonsumsi buah nangka.

Manfaat buah nangka sangat banyak dan berguna untuk kesehatan manusia, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka bukan manfaat yang akan didapatkan tetapi masalah dan penyakit yang akan menyerang.

Jadi ingat segala sesuatu itu jangan sampai dilakukan secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebih itu tidak baik. Konsumsi nangka seperlunya saja.

Jika anda pencinta nangka, maka disarankan jangan terlalu banyak mengkonsumsi nangka yang belum diolah. Agar lebih sehat dan terjamin, coba jadikan nangk menjadi olahan yang berbeda seperti Keripik nangka, gorengan nangka, puding nangka dan Lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel