Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara LOLOS Dan TERHINDAR Dari Claim COPYRIGHT YOUTUBE

Cara LOLOS Dan TERHINDAR Dari Claim COPYRIGHT YOUTUBE

Youtube menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan saat ini dalam kategori tontonan video.

Dengan hadirnya youtube, semua informasi di belahan dunia manapun akan dapat kita lihat dengan cepat dan dapat di tonton dalam bentuk video.

Youtube bisa dikatakan sudah menggantikan peran besar Televisi saat ini. Bagaimana tidak, dengan hadirnya youtube sekarang ini, membuat siapa saja bisa mempublikasikan informasi apapun dengan cepat. Lain halnya dengan televisi yang tidak semua orang bisa berada disana. Dan hebatnya lagi, video di Youtube bisa ditonton berulang kali, beda halnya TV yang bisa ditonton saat itu saja.

Video yang ada pada youtube saat ini sangat banyak dan lengkap, kita hanya perlu mencari kata kunci video apa yang ingin kita tonton. Tidak hanya berita, bahkan kehidupan seseorang akan kita ketahui lewat vlog sehari-hari yang dibuat oleh orang tersebut.

Youtube sangat membantu sebagian besar kehidupan manusia saat ini. Karena disetiap video youtube selalu memberikan nilai plus, seperti informasi penting, berita, solusi, hiburan, ilmu baru dan lain sebagainya.

Tidak hanya membantu orang yang menontonnya. Youtube saat ini menjadi tempat mencari uang yang penghasilannya sangat besar. Banyak orang saat ini membuat video creator dan membuat channel youtube milik sendiri lalu di upload ke youtube. dan jika video yang diupload itu di tonton banyak orang, maka si creator akan mendapatkan uang. dan si creator pemiliki channel itu disebut youtuber.

Tidak heran jika para artis didunia ikut terjun dalam membuat video dan menjadi 'YOUTUBER'. Karena penghasilan dari menjadi youtuber ini sangatlah besar. Contohnya kita ambil dari artis indonesia seperti Raffi Ahmad, Baim Wong, Deddy Corbuzier, dengan jumlah subcriber serta penonton yang terus meningkat, saat ini mereka bisa meraup penghasilan 1 bulannya kira-kira 6-10 miliar. WOW !!!

Apakah kamu tertarik ? 

Tetapi jika kita ingin sukses menjadi youtuber, maka kita juga harus mempunyai video yang menarik dan unik untuk ditonton, dan banyak juga dari youtuber pemula menyerah di tengah jalan, karena video yang di buat tidak kunjungi meledak, itu bisa dikarenakan video yang dibuat memiliki faktor seperti tidak menarik, kualitas jelek, Audio tidak jelas dan lainnya, yang membuat channel yang dibuat sepi pengunjung.

Apa itu Hak cipta (copyright)

Disamping membuat video yang bagus, kita juga harus dihindarkan oleh yang namanya Claim pemilik hak cipta. Apa itu claim pemilik hak cipta ? Kepemilikan hak cipta adalah hak eksklusif kepada pemiliknya untuk menggunakan karya dengan beberapa pengecualian. Saat seseorang menciptakan sebuah karya asli, yang terpasang tetap pada medium yang nyata, dia secara otomatis memiliki hak cipta atas karya tersebut.

Jadi penjelasan tersebut maksudnya kita tidak boleh sembarangan mengambil video atau backsound seseorang. Karena bisa jadi orang yang mempunyai video tersebut bisa saja melaporkan kita ke pihak youtube dan channel kita akan mendapatkan teguran dan bisa di hapus. Dan tidak jarang juga sampai kepada proses hukum.

Jadi, Youtube saat ini sangat ketat terhadap pencurian konten yang sebelumnya pernah diupload atau konten berulang, maka dibuatlah lisensi videonya agar video yang telah kita buat dengan susah payah akan aman dan tetap menjadi hak milik kita yang membuatnya, jika ada yang mencurinya maka kita bisa langsung melaporkan hal itu kepada pihak youtuber agar bisa diproses.

Lalu bagaimana saya menghindari claim hak cipta ini ?

Berikut ini adalah beberapa tips agar video tidak terkena Copyright (hak cipta)

1. Video & konten Original

Video & Konten Original
Source : Pixabay.com

Jika anda ingin sukses menjadi Youtuber, maka kamu harus siap capek. Mengapa ? karena membuat video original bukanlah hal yang mudah. Beda halnya dengan upload video orang lain, selain terkena copyright, channel yang berisi bukan video original, akan terlihat buruk dan tidak ada kretivitas sama sekali, tidak akan bisa berkembang. Oleh karena itu jika ingin videomu bagus dan ditonton banyak orang, maka anda harus memaksimalkan hasil videomu.

Untuk membuat video original maka kamu memerlukan tiga tahapan yaitu, pengambilan video, editing dan Upload.

Untuk hasil video yang maksimal, usahakan harus benar dalam pengambilan videonya seperti perekaman video yang tersusun, rapi, jelas dan menarik.

Lalu kamu harus meluangkan waktumu untuk proses editing video. Nah disinilah tugas kamu untuk membuat video yang bagus dan disukai banyak orang. Kamu bisa mengedit videonya, mulai dari menambah teks, backsound, logo dan sebagainya. Hasil editing kamu juga bisa mempengaruhi kualitas video yang dibuat.

Langkah selanjutnya tinggal upload saja, buat judul, deskripsi yang jelas dan singkat, tags dan beberapa pengaturan lainnya.

Dan video originalmu berhasil dan siap di tonton.

2. Gunakan video berlisensi Creative Commons

Apa itu Creative Commons ?

Lisensi Creative Commons adalah cara standar bagi kreator konten guna memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan karyanya. dan kreator Youtube diizinkan untuk menandai videonya dengan lisensi Creative Commons CC BY.

Jadi dengan cara tersebut, kamu bisa mengambil beberapa bagian atau secara keseluruhan video yang berlinsesi Creative Commons, tanpa takut terkena claim hak cipta. tetapi kami sarankan anda mengedit terlebih dahulu video yang berlinsesi Creative Commons itu, seperti mengganti backsoundnya, Menambah teks dan menambah gambar atau logo anda.

Untuk mendapatkan video berlisensi Creative Commons, sebenarnya cukup mudah, berikut ini adalah caranya

Youtube Creative Commons

Pada menu pencarian, ketik kata kunci video yang ingin Anda dapatkan, lalu pilih filter dibawahnya dan pilih Creative Commons.

3. Gunakan audio dari youtube library

Jika anda sedang mencari audio atau backsound untuk video anda, maka anda harus mencari audio yang benar-benar terbebas dari hak cipta. Karena sebagian besar video yang terkena claim hak cipta adalah video yang sembarangan mengambil audio. padahal audio tersebut memiliki lisensi yang tidak boleh digunakan sembarangan tanpa izin dan sepengetahuan si pemilik.

Anda bisa mencari audio dimana saja, tentu saja sekarang sudah banyak website yang meyediakan audio no copyright, tetapi ada baiknya, anda menggunakan cara yang paling aman, yaitu mengambil audio yang telah disediakan oleh pihak youtube itu sendiri.


Untuk mendapatkan audio dari youtube, anda bisa mendownloadnya pada bagian Audio Library, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Gunakan audio dari youtube library

Masuk ke youtube studio anda

  • Lalu pada jendela samping kira, temukan kata Audio library atau audio Collection
  • Selain aman untuk digunakan, Audio library juga banyak pilihan audio berbagai genre.

Download backsound youtube no copyright

4. Editing suara atau audio

Jika memang harus memasukan video yang memiliki hak cipta, maka anda harus pintar-pintar melakukan editing videonya. Salah satu cara yang paling ampuh, ialah mengubah audio dari videonya.

Anda juga bisa menambahkan audio tambahan. mengeditnya sampai tidak terdengar seperti aslinya.

Tetapi tidak jarang juga cara ini gagal. karena pihak youtube tetap masih bisa mendeteksi video itu walau suara video telah dimatikan atau digantikan.

5. Buat video komplikasi atau campuran dari beberapa video menjadi satu

Apakah kamu pernah menonton video dari calon sarjana, yt crash, daftar populer atau video yang sejenisnya. Nah jenis video itu adalah komplikasi.

Video komplikasi bisa anda buat dengan memasukkan beberapa video orang lain. sehingga membentuk satu video yang nyambung dan menarik di tonton.

Tetapi dengan catatan Anda tidak boleh memasukkan video itu tidak lebih dari 20 detik untuk menghindari terkenanya copyright di video kamu.

Selain mudah, ternyata video komplikasi merupakan salah satu jenis video yang paling banyak di sukai contohnya saja Daftar Populer


Contoh video & channel komplikasi

6. Tambahkan intro

Intro video bukan saja menjadi karakter suatu channel atau video. tetapi bisa juga untuk menghindari video dari copyright.

Tambahkan intro minimal 20 detik atau lebih, agar video kita bisa menjadi lebih berkarakter dan diingat serta menjaga agar tidak diambil oleh orang lain.

Dan jika anda memasukan konten berulang, maka masukan intro diawal agar lebih aman.

7. Tambah dan kurangi kecepatan video.

Ini adalah cara unik yang bisa menghindari terkenanya copyright, walaupun tidak semua video bisa dilakukan melalui cara ini. tapi anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

8. Gunakan gambar dari web penyedia gambar gratis

gambar gratis bisa menjadi bahan untuk anda dalam mengedit video youtube Anda

Download Gambar no copyright

Itulah berapa tips yang dapat anda lakukan, tetapi saya sarankan Anda tetap menggunakan cara yang pertama yaitu membuat video original anda sendiri. Selain lebih bagus, anda juga akan menimbulkan rasa saling menghargai karya orang lain.

Dan untuk tips yang ke-2 anda juga dapat melakukannya dengan mudah, tetapi saya sarankan untuk memasukan link atau kredit kepada pemilik asli video tersebut, walaupun tidak wajib, tetapi itu lebih baik, sebagai rasa terima kasih anda.