Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Bahaya Makan Mie Instan Bila Keseringan Serta Cara Aman Makan Mie Instan

Tak perlu ditanya lagi kepopuleran mie instan di kalangan masyarakat indonesia. Mie instan menjadi makanan yang paling banyak dipilih karena cara penyiapannya cukup mudah dan cepat. Mie instan bisa dikonsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu-bumbu yang sudah ada di dalam sebungkus mie instan.

Mie Instan

Selain enak, mie instan juga murah dan bersahabat di dompet. Apalagi untuk anak kost atau mereka yang hidup sendiri jauh dari keluarga. Mie instan menjadi makanan yang paling nikmat untuk dimakan. Dan harga satu bungkus mie instan biasanya dijual dengan harga Rp 2.500 - 3.000.

Kandungan Mie Instan

Mie instan dibuat dengan tepung terigu yang diperkaya oleh beberapa nutrisi sintetis seperti zat besi dan vitamin B. Kendati demikian mie instan tetap makanan yang rendah kalori. tetapi tidak cukup untuk memenuhi nutrisi utama yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi utama dan penting tersebut seperti protein, Vitamin A, Vitamin B, Kalsium dan Magnesium.

Tetapi dibalik harganya yang murah, ternyata mie instan merupakan salah satu makanan yang bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Salah satunya adalah ketersediaan garam dalam sebungkus mie instan. WHO merekomendasikan manusia mengkonsumsi garam sebanyak 2 gram saja sehari. Sementara, dalam satu bungkus mie instan terdapat 1,760 miligram gram atau setara dengan 88 persen kebutuhan garam sehari.

Sebuah penelitian menunjukan terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung, penyakit jantung dan stroke. Tingginya kandungan sodium dapat menyebabkan meningkatkan tekanan darah yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan ginjal.

Dibawah ini adalah beberapa zat yang terkandung dalam 100 gram mie instan, antara lain : 

  • Energi: 1,895 kJ (453 kcal)
  • Karbohidrat: 65 gram
  • Lemak: 17 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak jenuh: 7,6 gram
  • Protein: 9 gram
  • Thiamine: 0,7 mg
  • Lemak tak jenuh: 6,5 gram
  • Riboflavin: 0,4 mg
  • Folat: 147 μg
  • Besi: 4,3 mg
  • Potasium: 120 mg
  • Sodium: 1160 mg

Membuat Mie Instan Sehat

Membuat Mie Instan Sehat

Buang air hasil rebusan Mie

Kenapa ini harus dilakukan ? Karena mie mengandung banyak zat-zat yang dapat menyebabkan tubuh menjadi sakit. jadi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka ada baiknya kita buang saja air bekas rebusan mie lalu menggantinya dengan air yang baru.

Tidak hanya lebih higienis, mie yang telah dibuang air rebusan dan diganti dengan air yang baru akan terlihat lebih enak. Karena air kuahnya menjadi tidak keruh saat di aduk.

Tambahkan protein 

Agar mie instan bisa dinikmati dengan sehat, kita bisa menambahkan protein yang disuka, seperti telur dan irisan daging.

Untuk telur, kita bisa memilih untuk dijadikan telur rebus atau telur goreng, jadi dengan ditambahkan telur, membuat selera makan bertambah.

Dan apabila kamu bosan atau tidak terlalu suka dengan telur, kamu bisa tambahkan irisan daging tanpa lemak

Jangan masukan semua bumbunya

Ini yang paling penting, kita bisa membuang semua bumbu yang sudah didapatkan dibungkus mie instan. Dan menggantinya dengan bumbu pilihan yang bisa dibuat sendiri.

Selain sehat, menggantinya dengan bumbu pilihan sendiri dapat menambahkan cita rasa sesuai dengan masakan yang kita suka.

Sebagai contoh, bumbu yang bisa menggantikan bumbu aslinya, seperti, wijen, pasta miso, kecap, saos tomat atau ikan, bumbu racikan korea, dan garam secukupnya saja.

Tambahkan Sayuran

Sayuran berfungsi sebagai penambah nutrisi dan serat dalam satu piring mie instan.

Sayuran yang bisa ditambahkan ke dalam semangkuk mie instan, seperti, sawi, kol, wortel ataupun kubis. Tambahkan sayuran secukupnya saja.

Jangan dimakan pada kemasan Styrofoam

Seperti yang sudah kita tau, bahwa kemasan Styrofoam tidak baik untuk kesehatan.

Saking berbahaya, larangan untuk mengemas makanan dalam Styrofoam digalakan dalam beberapa waktu terakhir ini

Jangan terlalu sering

Bukan hanya mie saja, hampir semua makanan yang dimakan berlebih akan menyebabkan ketidak seimbangan tubuh dan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Makanlah mie paling tidak 3 hari sekali, hal ini bertujuan agar usus siap untuk menerima asupan dari zat mie kembali. Jika mie di makan keseringan, maka hal itu dapat menyebabkan usus mengalami kebuntuan.

Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka makan mie dilakukan paling tidak 3 hari sekali, jika memungkinkan, maka makanlah mie 1 kali dalam sebulan saja.

Bahaya Makan Mie Instan Mentah

Bahaya Makan Mie Instan Mentah

Bahaya makan mi instan mentah bagi kesehatan sudah diperingatkan di setiap kemasannya. Mi instan sebaiknya diseduh atau direbus agar zat-zat yang terkandung di dalamnya terlarut atau lebih aman untuk dikonsumsi. Walaupun begitu, mengonsumsi mi instan secara berlebihan tetap saja tidak baik untuk tubuh kamu.

 Dibawah ini akibat memakan mie instan mentah

  • Diabetes dan obesitas
  • Tekanan darah tinggi dan Usus terluka
  • Koletrol tinggi dan Kanker
  • Gangguan Tenggorakan dan Otak
Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi mie instan, boleh dikonsumsi asalkan dengan cara yang bijak. Itu adalah beberapa cara agar kita tetap dapat mengkonsumsi mie instan tetapi dengan penyajian yang sehat.