Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Estimasi Biaya Akurat Perjalanan Wisata Mendaki Gunung Tujuh Kerinci

Aktivitas bekerja sehari-hari tentunya sangat membosankan dan melelahkan, jangan di ceritakan lagi betapa penaknya menjalani aktivitas yang menjadi tuntutan sehari-hari.

Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah refreshing yang bertujuan untuk menenangkan pikiran dan menetralkan tubuh agar kembali fresh, sehingga bisa mengembalikan keceriaan dan melahirkan semangat baru yang berapi-api.

Untuk kegiatan refreshing itu sendiri ada banyak cara yang bisa teman-teman lakukan, mulai dari hobi seperti memancing, jalan-jalan ke mall, berbelanja dan sebagainya. Ada juga yang melakukan kegiatan refreshing dengan mencapai keinginan yang selama ini tertunda akibat aktivitas bekerja, seperti mendaki gunung, jalan-jalan keluar negeri, bertamasya bersama keluarga dan lainnya.

Dan khusus untuk yang suka kegiatan di alam yaitu mendaki gunung, disini saya ingin berbagi cerita mengenai kegiatan saya ketika mendaki gunung tujuh yang ada di kerinci. Saya akan bercerita mulai dari apa saja yang harus disiapkan dan berapa estimasi biaya yang akan kita keluarkan untuk sampai ke tujuan yaitu desa pelompek. yaaaa desa pelompek adalah resort gunung tujuh.

Sekilas Tentang Danau Gunung Tujuh

Danau ini terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci.

Wisata danau gunung tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. danau seluas 960 hektare, dengan panjang 4,5 kilometer, dan lebar tiga kilometer ini dikelilingi oleh tujuh gunung sekaligus.

Oke langsung saja kita mulai berapa estimasi biaya untuk melakukan perjalanan wisata mendaki gunung tujuh kerinci.

Estimasi Biaya

Pertama-tama kita harus memperhitungkan berapa lama kita akan menginap di atas gunung satu hari, dua hari atau pun lebih tergantung teman-teman. Untuk teman-teman yang masih pemula dalam hal mendaki gunung, gunung tujuh sangat di sarankan untuk di coba. Karena gunung tujuh medannya tidak begitu sulit untuk di lalui dan juga ketinggiannya tergolong sedang karena berada di 2400 mdpl.

Persiapan sebelum berangkat

1. Tenda

Tenda adalah hal yang sangat utama disiapkan. sebelum memulai perjalanan pastikan tenda sudah dibawa ya teman-teman. karena kalau sempat terlupa maka akan sangat merepotkan nantinya.

2. Persiapkan pakaian yang tebal dan hangat

Di dataran tinggi tentunya sangatlah dingin, sehingga teman-teman harus menyiapkan pakaian yang hangat dan juga tebal. disarankan untuk teman-teman pendaki pemula, jangan terlalu banyak membawa pakaian, bawa saja pakaian yang di butuhkan saja seperti, jaket, selimut yang tebal dan juga beberapa baju yang layak pakai di kondisi suhu yang dingin.

3. Makanan dan minuman secukupnya

Untuk kebutuhan makan mungkin sebelum berangkat teman-teman harus menyiapkan beberapa makanan instan seperti mie, cemilan kering dan sebagainya. ingat untuk para pemula, JANGAN TERLALU MEMBAWA MAKANAN BERLEBIHAN. perkirakan saja untuk 1 hari kira-kira menghabiskan makanan berapa. karena dari pengalaman saya mendaki, ada banyak sekali makanan yang di bawa turun kembali. padahal untuk membawa makanan ke atas tidaklah mudah. sangat disayangkan jika kita menghabiskan energi untuk membawa naik kemudian membawa turun kembali makanan tersebut.

4. Kompor

Nah ini sangat penting teman-teman. kalau tidak ada ini bisa-bisa teman-teman akan memakan mie instal tanpa di masak hehehe. kayu di sekitar danau gunung tujuh sangat lembab sehingga tidak memungkinkan untuk dijadikan bahan bakar.

ok... kita akan otw...

Menuju Perjalanan

Wisata Gunung Kerinci

Perjalanan dari kota jambi kami menggunakan travel tujuan ke sungai penuh dengan ongkos Rp.150.000/org. Estimasi dari kota jambi sampai ke sungai penuh sekitar 11 s/d 12 jam.

Pada saat itu kami melakukan perjalanan pada sore hari dan sampai di sungai penuh sekitaran pukul 05:00 subuh di keesokan harinya. Dalam perjalanan tersebut pemandangan di sekitar tidak terlalu terlihat karena dalam kondisi malam hari sehingga sekeliling hanya terlihat gelap.

Sesampainya dikota sungai penuh, kami meminta supir travel untuk mengantarkan kami ketempat angkutan umum yang menuju ke tujuan kami. Singkat cerita kami mendapatkan angkutan umumnya sekitar pukul 06:00 pagi dan kami langsung menuju ke lokasi tujuan. Ongkos dari sungai penuh sampai ke tujuan sebesar Rp 15.000/ org.

Pada saat naik angkot hari sudah mulai terang. Ketika sudah memasuki kawasan perkebunan teh kami di sajikan oleh pemandangan yang sangat indah yang terlihat sejauh mata memandang. Dan waktu tempuh untuk sampai ke resort gunung tujuh sekitar 1 jam.

Setelah kami turun dari angkot ternyata kami harus berjalan kaki lagi sejauh kurang lebih 1 kilometer.Sebenarnya kita bisa menyewa ojek atau angkutan lainnya, tetapi karena biaya minim maka kami memilih berjalan kaki.

Sampai Diperjalanan

Singkat cerita kami sampai di resort gunung tujuh. teman-teman jangan khawatir dengan warga sekitar, karena warga disana sangat ramah apa lagi orang-orang yang bertetangga dengan resort tersebut. Pengalaman yang tak terlupakan pada saat saya disana adalah saya dan teman-teman menumpang mandi di rumah warga hehehe.

Setelah kami melakukan pendaftaran di resort gunung tujuh sebesar Rp. 10.000/org untuk satu malam( untuk biaya yang ini mungkin mengalami peningkatan tetapi pastinya tidak terlalu mahal). kami melanjutkan perjalanan untuk mendaki. Dan inilah tantangan yang sebenarnya, apa lagi untuk teman-teman pemula. Untuk diketahui, medan sulit yang ditempuh dalam perjalanan sampai ke tujuan yaitu banyaknya akar pohon yang sangat licin sehingga teman-teman harus sangat berhati-hati dalam mengambil langkah.

Tiba Di Tujuan Utama

Wisata Gunung Kerinci

Setelah beberapa jam pendakian akhirnya kami sampai di puncak gunung tujuh. Rasa sangat lelah dalam perjalanan tersebut terbayar seketika kami melihat ke arah danau yang ada di gunung tujuh. danau yang sangat luar biasa yang berada di ketinggian. Kabarnya danau tersebut adalah danau tertinggi di asia tenggara.

Singkat cerita setelah kami bermalam di atas gunung. Keesokan harinya kami melakukan perjalanan untuk turun. Pada saat itu kami turun pada pagi hari dan sampai di resort siang hari. Rencana yang semula ingin bermalam dua malam di atas gunung tidak tersampaikan karena ada seorang teman yang tidak tahan dengan kondisi cuaca di gunung tujuh. Perlu diketahui di atas gunugn tujuh suhu nya sangat dingin dan kondisinya sangat lembab mengakibatkan baju sangat mudah basah.

Singkat cerita kami langsung melakukan perjalanan pulang tanpa harus menginap di penginapan. Sebenarnya jika kita ingin menginap di sana, ada banyak homestay dengan harga yang tentunya sangat terjangkau. Ongkos pulangpun sama dengan ongkos ketika kami pergi.

Demikian teman-teman. semoga atrikel ini membantu teman-teman dalam memperkirakan estimasi perjalanan hingga biaya yang akan di keluarkan  jika ada keinginan untuk berwisata ke gunung tujuh.