Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran CPNS 2021 Akan Segera dibuka capai 1 Juta, Persiapkan diri Anda dari sekarang !

CPNS terkini dan kabar gembira untuk para penjuang NIP. Menurut informasi yang disampaikan oleh Pemerintah Pendaftaran CPNS  akan dibuka besar-besar sekitar bulan maret 2021.

"Sekitar bulan Maret akan kita buka ( jadwal seleksi CPNS 2021)," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo Rabu (4/11/2020) seperti dikutip dari Tribun Jakarta.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Andi Rahadian, pun membenarkan informasi tersebut.

"Betul. Insyaallah akan ada pengadaan CPNS formasi tahun 2021," kata Andi saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (23/10/2020). 

Terkait jumlah formasi yang dibuka pada seleksi CPNS 2021, Andi memperkirakan akan lebih banyak dibandingkan seleksi CPNS 2019

Adapun Formasi CPNS 2021 jauh lebih banyak tersebut dibandingkan CPNS 2019 mencapai 1 juta di antaranya formasi yang akan dibuka:
1. Guru
2. Bidan
3. Perawat
4. Dokter
5. Penyulu Petanian
6. Penyulu PU
7. Penyulu KB

"Tahun depan ((2021) sudah kita sepakati untuk adanya pengadaan 1 juta guru. Kemudian pengadaan bidan, perawat, dokter itu lebih kurang 200.000 sekian. Penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh PU, dan semuanya harus ada," kata Tjahjo Kumolo dalam peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Solo, Jawa Tengah, baru-baru ini. https://jakarta.tribunnews.com

Untuk menyambut berita gembira ini agar kita siap berkompetisi dalam seleksi CPNS 2021 ada baiknya kita persiapkan dari sekarang, diantaranya : 

1. Admintrasi Berkas Pendaftaran CPNS

Dokemen yang harus dipersiapakan syarat umumnya pendaftaran CPNS seperti : KTP, PAS Photo, Ijazah Legalisir, Transkip Nilai (Legalisir), Sertifikat Akreditasi dari kampus, dan Dokumen pendukung yang sesuai ketentuan dari instansi tempat kita mendaftar.

2. Mulai belajar menyelesaikan Soal-soal Latihan CPNS

Mulai mengumpulkan semua bahan pembelajaran terkait soal-soal tes CPNS (SKD & SKB), belajar bisa dari mana saja, dari youtube, dari soal-soal latihan di intenet, sampai beli buku seputar CAT CPNS. Belajar bisa dilakukan dari sekarang dengan maksimal dan terukur misalkan kita harus targetkan setiap hari menyelesaikan soal-soal latihan sebanyak 200 soal atau lebih. yakin dan percaya Jika kita lakukan dari sekarang pasti kita lebih siap.

3. Perbanyak Menggali Infromasi berita terbaru CPNS 2021

Penting untuk kita mencari tau informasi-informasi terbaru seputar CPNS 2021, jangan sampai ketinggalan informasi tersebut yang mengakibatkan kita terlambat dalam mengikutinya. Informasi tersbut diantaranya bisa kita lihat :

1. Website BKN :  https://www.bkn.go.id/

2.  Weibsite SSCN : https://sscn.bkn.go.id/

3. Twitter ASNKiniBeda : https://twitter.com/BKNgoid , Dll.

Demikianlah yang kira-kira yang harus dipersiapkan dari sekarang untuk mengikuti seleksi yang sangat ketat CPNS 2021. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan persiapan bagi kita semua. Selamat berjuang.