Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahuilah 8 Penyakit Serius Yang Disebabkan Oleh Ponsel, Harus Tau dan Berhati-hati !!

Di zaman modern ini, ponsel menjadi benda yang tak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Dan Penggunaan ponsel didunia pada akhir tahun 2019 mencapai 3,2 miliar sementara jumlah perangkat aktif yang digunakan mencapai 3,8 miliar.

50,8 persen masyarakat dunia mengakses internet menggunakan smartphone atau tablet, dikalangan milenial di usia 20 - 35 tahun 94,2 persennya sudah menggunakan internet. Sebanyak 98,3 persennya menggunakan ponsel rata-rata 7 jam sehari, bahkan 79 persennya lansung memeriksa ponsel 1 menit setelah bangun tidur.

Ketahuilah 8 Penyakit Serius Yang Disebabkan Oleh Ponsel, Harus Tau dan Berhati-hati !!

Dari data diatas bisa kita simpulkan, bahwa ponsel saat ini menjadi benda yang sifatnya membuat ketergantungan pada setiap orang yang memakainya.

Bahkan sebagian orang menggunakan ponsel sebanyak 14 jam sehari. Dan tidak bisa melepas ponsel ditangannya selama 2 jam kecuali tidur.

Ponsel memang sangat membantu kita dalam kehidupan, baik dalam pekerjaan, karir, usaha, bisnis dan sebagai alat untuk tetap terhubung dengan orang lain.

Tapi dengan segala kehebatan ponsel itu ternyata bisa membuat orang yang memakainya bisa terkena penyakit yang mengerikan.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh ponsel yang kita mainkan atau yang kita letakan saat tidur.

1. Sulit Tidur

Ponsel mempunyai serangkaian gelombang radio, Dan beberapa diantaranya mempengaruhi suplay darah ke korteks serebral dan bisa menyebabkan perubahan EEG.

Hal itu bisa menyebabkan susah tidur, apalagi jika anda adalah penderita Insomnia, ia rentan terhadap gelombang radio ini, sehinga sulit untuk tidur.

Jadi kamu harus menghilangkan kebiasaan ini, jika tidak lambat atau cepat, sel saraf dalam otakmu akan rusak dan tidak berfungsi.

Untuk menghilangkan kebiasaan ini, coba untuk tidak bermain ponsel ketika kamu ingin tidur, hal itu karena ponsel mampu Membuat mata dan otak kamu terus bekerja walau sudah sangat lelah.

Jika ini menjadi kebiasaan untuk memaksakan otak dan mata terus bekerja, maka kamu akan susah tidur, walau kamu tertidur, tapi tidurmu itu tidak sehat, dan jangan heran, jika saat bangun di pagi hari, kamu akan merasa lelah, kepala pusing dan tidak bersemangat

2. Sakit Otak

Jika terdengar penyakit otak, mungkin anda akan serius membaca point nomor 2 ini. Mengapa ponsel menyebabkan sakit Otak ? Itu dikarenakan ponsel menghasilkan gelombang radio dan beberapa gelombang bisa diserap otak.

Oleh karena itu, jika anda sering meletakan ponsel dibawah bantal diwaktu yang lama (tidur) maka ada banyak gelombang radio yang diserap oleh otak.

Hal itu menyebabkan otak sering mengalami kerusakan dan rentan merasakan sakit kepala, pusing, dan masalah kepala lainnya.

Untuk menghilangkan kebiasaan ini, kamu bisa menjauhkan ponsel dari tempat tidurmu dan jangan lupa matikan ponsel atau pergi ke mode pesawat

3. Sakit leher

Saat menggunakan telepon genggam, posisi leher biasanya terus pada posisi menunduk. Kebiasaan tersebut bisa membuat otot leher kaku dan kram. Pada kondisi yang parah, kebiasaan menunduk terlalu lama juga bisa menyebabkan nyeri punggung, bahu, dan lengan.

Untuk mengindari sakit leher saat bermain ponsel atau komputer, kamu bisa melakukan refresing sejenak dengan melakukan pelenturan atau gerakan ringan agar leher tidak cepat lelah.

4. Stroke

Stroke ialah penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat gagalnya suplai oksigen ke sel-sel otak yang beresiko terhadap kerusakan iskemik dan dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian.

Jika kamu berfikir bahwa hanya orang yang sudah berumur yang akan terkena stroke, maka kamu salah. Faktanya segala usia bisa terkena penyakit ini.

Remaja yang sangat aktif menggunakan jari-jarinya untuk bermain gadget sangat berpotensi mengalami penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah, karena kurangnya aktifitas produktif.

5. Jempol Sakit dan Kaku

Bermain telepon genggam terlalu lama, akan membuat jempol kaku saat berada dalam posisi tertekuk. Sehingga, saat Anda mencoba kembali meluruskannya, akan terdengar bunyi cukup keras dan timbul rasa nyeri.

Biasanya bermain Game ponsel dengan waktu yang lama merupakan pemicu jari tangan sakit dan kaku, karena jari tangan terus berada di posisi yang sama dalam waktu yg lama.

6. Memicu Kanker

Gelombang radiofrekuensi yang dipancarkan oleh telepon genggam, dianggap berpotensi untuk memicu kanker. Sebab, gelombang tersebut bisa diserap oleh jaringan di tubuh yang letaknya berdekatan dengan handphone saat digunakan.

Beberapa tahun lalu, lembaga penelitian kanker internasional telah memasukkan gelombang radiofrekuensi sebagai salah satu hal yang berpotensi karsinogenik. Artinya, gelombang tersebut berpotensi meningkatkan risiko kanker.

7. Mata merah atau Hitam

Ini adalah akibat dari kamu yang sering begadang untuk main game di smartphone atau komputer.

Bermain game memang tidak ada salahnya, justru banyak ilmuwan yang mengatakan, bahwa game bisa membuat suasana hati kembali ceria. Tetapi jangan dilakukan sampai lupa tidur dan membuat game sebagai alat penenang.

Akibatnya mata akan menjadi merah dan kelopak mata akan menjadi hitam atau kebiruan.

8. Gangguan Mental

Hubungan penggunaan ponsel dengan kesehatan mental, dipengaruhi besar oleh adanya media sosial. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering melihat unggahan kehidupan orang lain, umumnya merasa lebih tidak bahagia, depresi, dan merasa sendiri dibandingkan teman-temannya.

Itulah beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh penggunaan ponsel berlebih.

Gunakanlah ponsel seperlunya saja. Ingat masih banyak hal yang bisa kamu lakukan selain mengecek sosial mediamu. bermain bersama teman, orang tua dan keluarga adalah hal yang lebih positif dilakukan ketimbang bermain ponsel seharian.