Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Pare Yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Untuk Kesehatan & Kecantikan LOH !!

Momordica Charantia Atau yang lebih dikenal dengan Pare merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah asia tropis dan hidup dengan cara merambat, Tumbuhan ini banyak dijumpai di berbagai tempat, terutama India bagian barat dan juga myanmar (burma). Di balik cita rasanya yang banyak tidak di sukain oleh kebanyakan orang yaitu pahit, pare ternyata menyimpan banyak sekali manfaat/khasiat yang bagus bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

7 Khasiat Pare Yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Untuk Kesehatan & Kecantikan LOH !!

Nah, untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai beberapa manfaat dari pare untuk kesehatan dan kecantikan kulit :

1.     Menangkal Radikal Bebas

Di balik rasanya yang pahit, pare ternyata mengandung sumber vitamin C yang tinggi, bahkan berdasarkan dari sumber yang ada, kandungan vitamin C yang ada pada pare  yaitu 54 persen. maka dari itu, kandungan vitamin C itu lah yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga dapat mengurangi resiko kangker kulit pada manusia.

2.    Mencegah Kulit Dari Kekusaman

Pare juga dikenal akan kemampuannya dalam membersihkan darah, karena pare memiliki kandungan yang berfungsi membantu memperlancar glukosa untuk disebarkan ke organ-organ dan sel-sel tubuh. alhasil, kulitpun dapat terhindar dari kekusaman. Perlu diketahui, jika glukosa dalam darah terhambat, maka dapat menyebabkan munculnya darah kotor. Mengkonsumsi pare menjadi salah satu hal yang di anjurkan agar peredaran darah lancar sehingga kulit tidak tanpak kusam.

3.    Membantu Mengatasi Jerawat

Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan tentunya akan membuat kulit kotor akibat polusi udara, Bakteri, debu dan lainnya yang akan berkumpul di kulit-kulut kita yang terkena polusi udara . Nahh kandungan dalam pare ini memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga akan sangat membantu dalam mengatasi jerawat. Pare tersebut dapat kita olah menjadi sayur, jus bahkan bisa juga kita jadikan masker wajar. dan tentunya harus kita haluskan terlebih dahulu jika ingin di jadikan masker wajah.

4.    Sebagai anti penuaan 

Manfaat pare untuk kecantikan yang selanjutnya adalah anti penuaan. Ingin terlihat lebih awat muda dngan kulit sehat..? yuk konsumsi pare!
 salah satu doktor di india dr.simran saini dari fortis hospital di new delhi, India. menjelaskan, pare memiliki anti oksidan yang kuat dengan vitamin A dan C di dalamnya yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit dan mengurangi keriputan di wajah.

5.     Menjadikan rambut berkilau

Mungkin banyak dari kita yang jarang mendengar tentang pare yang dapat membuat rambut tampak berkilau dan tekstur rambut yang lembur. Untuk cara pembuatan pare sebagai pengkilau rambut, kita mulai dengan memblender pare yang sudah di bersihkan( di cuci dan di buang bijinya), setelah halus oleskan jus pare tersebut ke rambut. tunggu hingga 15 s/d 20 menit lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin 1 atau 2 minggu sekali. Dan lihatlah perubahan yang terjadi. 

6     Mengobati Ruam Kemerahan Karena Sengatan UV

Air rebusan pare atau jus segar pare merupakan pendingin alami untuk kulit. kedua olahan pare ini cukup efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi karena sengatan sinar ultra violet (UV)

7     Membantu produktivitas kolagen di dalam tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam pare akan membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah. Kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produks kolagen di dalam tubuh. Sementara kolagen adalah protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit.

Meski pare sangat kaya manfaat, kita juga harus tetap mengkonsumsi pare sewajarnya atau jangan berlebihan. karena, jika pare di konsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan sesuatu yang tidak baik yaitu diare dan juga sakit perut. selain itu, wanita hamil juga harus menghindari mengkonsumsi pare terlalu banyak karena dapat merangsang rahim dan menyebabkan persalinan prematur. setiap harinya teman-teman di rekomendasikan mengkonsumsi jus pare sebanyak 30 Ml saja.

Nahh. bagaimana teman-teman apakah langsung tertarik untuk mengkonsumsi pare setelah tau manfaatnya yang sangat baik ini untuk kesehatan, kulit, rambut dan tubuh....?