Tips Membagi Waktu Secara Efektif

Tanyakan kepada dirimu sendiri, apakah yang sudah kamu lakukan dan hasilkan dengan waktu yg diberikan kemarin ? Apakah kamu mempergunakannya dengan baik atau kamu menyia-nyiakan waktu yg sangat berharga itu.

Dan coba kamu ingat lagi, disaat pagi lalu siang dan berlanjut malam, apa yg sering kamu lakukan. Tidur di pagi hari, malas-malasan atau bermain game sepanjang malam. Jika itu yang kamu lakukan setiap hari maka kamu akan rugi karena waktu yang ada kamu habiskan untuk hal-hal yang membuang waktu saja.

Nah disini dunia kini akan memberikan tips agar kamu dapat mengatur management waktu yang sangat efektif.

Melakukan time management seperti orang-orang sukses lainnya yang menghasilkan hasil yang luar biasa sepertinya tidak terlalu sulit jika kamu serius menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Disini ada 4 langkah yang harus kamu lakukan untuk management waktu yang efektif

1. Time Lock 


Time Lock maksudnya adalah kamu harus mencatat apa saja yang kamu lakukan selama 1 jam, 1 hari, 1 minggu. Maka dengan cara mencatat kamu akan tau apa yang sudah kamu lakukan dalam 1 jam, 1 hari, 1 minggu maupun 1 bulan dan 1 tahun.

Jadi kamu akan tau juga kapan waktu dan hari kamu produktif dan kapan waktu dan hari yang bikin kamu bermalas-malasan.

2. Plan the whole week


Jika kamu sudah membuat catatan maka langkah selanjutnya adalah menjadwalkan tentang kamu harus melakukan apa dan menjadwalkan keseharianmu.
Dan ini adalah salah satu cara yang banyak diterapkan oleh perusahaan- perusahaan besar dan kamu juga harus banget melakukan apa yang membuat kamu senang dan bahagia dijadwal kamu.

Ini berguna untuk efek antisipasi agar waktu bahagiamu lebih terasa dan kamu fokus untuk bersenang-senang tanpa harus mengganggu jadwal tetapmu.

3. Ritual pagi

Kamu harus melakukan ritual pagi, tapi ini bukan ritual pagi soal keagamaan tapi ini lebih ke hal-hal spesifik.
Disini kamu harus memilih ritual pagi yang sangat besar pengaruhnya untukmu seperti olahraga, meditasi, membaca dan yang lainnya. Hal itu tidak lah penting bagi setiap orang namun kalau kamu lakukan setiap pagi maka kamu akan terbiasa melakukan hal yang positif dipagi hari.

Setiap pagi kamu harus bangun di jam yang sama dan melakukan kegiatan dan alur yang sama seperti bangun - minum air putih - gosok gigi - meditasi - olahraga - makan - mandi - siap kerja/sekolah dan setiap orang berbeda-beda yang penting ritual pagi itu akan membuat pengaruh baik untuk jangka panjang.

4. Waktu senggang 

Waktu senggang memang banyak dilakukan untuk bersenang-senang tapi jika kamu ingin mengatur waktu efektifmu yang dapat membuat harimu produktif maka kamu harus membagi waktu senggangmu.

Misalnya jika kamu mendapatkan waktu libur semester selama 2 minggu lalu kamu bagi waktu itu 1 minggu untuk berlibur dan 1 minggu untuk mengasah kemampuan itu akan membuat waktumu lebih berharga dan bermanfaat.

Jangan waktu 2 minggu itu kamu gunakan hanya untuk bersenang-senang maka kamu akan gagal dalam hal produktifitas dan yang terpenting kamu harus melakukan apa saja selama libur tetap bergerak jangan sampai selama libur kamu hanya tidur makan tidur saja. Hal itu sangat tidak sehat untuk tubuh dan juga akan berpengaruh menurunnya produktifitas kamu.

Ingat selalu jadwalkan apa saja yang akan kamu lakukan dan jangan lupa memasukan hal, hobi atau kegiatan yang membuatmu bahagia karena itu adalah cara terbaik agar kamu tidak stress dengan jadwal padamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel