Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Pertanyaan Seputar Bisnis Online Untuk Pemula Akan Dijawab Disini

Terhitung dari bulan Mei 2020, Indonesia sudah beberapa kali melakukan karantina dirumah saja. Hal itu disebabkan oleh virus yang berasal dari Tiongkok, China, yaitu Covid-19.

Tapi tidak hanya indonesia, bahkan seluruh dunia saat ini sedang melawan, dan mencari vaksin yang benar-benar bisa menyembuhkan umat manusia dari infeksi Covid-19. Sehingga WHO menyatakan Covid-19 adalah pandemi yang harus dilawan bersama-sama di dunia ini.

Virus corona sangat berdampak sekali dibidang ekonomi seluruh dunia. Nyatanya hampir setiap negara yang terjangkit virus ini, mendapatkan penurunan pendapatan ekonomi yang sangat besar.

Dan semua lapisan masyarakat mendapatkan dampak dari Covid-19 mulai dari para karyawan yang terkena Phk atau orang yang mempunyai usaha terpaksa tutup karena tidak ada customer yang menggunakan jasa atau produk mereka.

Lalu bagaimana dengan masyarakat indonesia, apakah terkena dampaknya? Indonesia sangat-sangat besar dampak dari Covid-19, sekian juta orang kehilangan pekerjaan karena Phk yang disebabkan pendapatan perusahaan menurun sehingga tidak bisa menggaji para karyawanya. Para penjual kecil juga sepi karena semua orang melakukan karantina dirumah.

Lalu bagaimana cara menstabilkan ekonomi kita disaat pandemi ini. Sebenarnya ada beberapa cara agar kita bisa bertahan selama pandemi ini. Salah satu yang terbanyak adalah dengan berbisnis online. entah itu menjual jasa atau produk. bisnis online baru-baru ini sangat populer di saat Covid-19, orang-orang yang dulunya tidak mengerti apa-apa tentang bisnis, sekarang beralih profesi menjadi pembisnis online yang sangat mahir.

Pertanyaan Seputar Bisnis Online Bagi Pemula

Saya tidak mengerti bagaimana berbisnis online ?
Saya tidak ada produk dan jasa yang akan dijual ?
Saya tidak mempunyai modal ?
Saya tidak cukup banyak teman yang akan membeli produk saya?
Saya tidak ada waktu?
Bisnis online apa yang tidak perlu produk dan jasa ?

6 pertanyaan tersebut akan kita bahas satu persatu, tetapi saya tidak akan membahas secara panjang dan lebar. Nanti setiap satu pertanyaan akan kita bahas di lain artikel. Jadi disini kita hanya membahas inti jawaban dari pertanyaan tersebut.

Saya tidak mengerti bagaimana berbisnis online ?

Pertanyaan yang paling sering di dengar, tapi itu wajar,. dimana-mana setiap orang yang ingin memulai bisnis online tetapi sebelumnya dia belum pernah terjun langsung pasti akan bertanya seperti itu.

Ada beberapa jawaban yang bisa menjawab pertanyaan itu.

Mendapatkan informasi yang berkualiatas, terpercaya dan terkini

Jika kamu serius dalam bisnis online, maka kamu harus banyak belajar dari sumber manapun tapi tetap ingat untuk memfilter sumber yang benar-benar bisa dipercaya.

Sekarang ini banyak sekali web/blog yang mempusblish artikel tentang bisnis online, kamu tinggal cari saja di google sesuai dengan pertanyaan nomot 1. Kamu juga bisa menonton cara berbisnis online di video-video Youtube. Jika masih kurang, kamu bisa mencari akun-akun yang membahas seputar bisnis online di Instagram lalu ikuti dan pelajari informasi yang ada. Jika kamu mengalami kesulitan maka kamu bisa bergabung di grup bisnis online yang jumlahnya sangat banyak di faceboobk.

Di zaman modern ini, kita pasti bisa, asalkan serius dan mau belajar. Sudah banyak orang yang terbantu hanya dengan mencari informasi di internet dan media sosial

Mentor 

Jika kamu mempunyai mentor, maka kamu bisa belajar dari mentor kamu, jika belum, usahakan kamu harus mendapatkan mentor, kenapa harus mempunyai mentor ?. Mentor itu sangat penting, ia akan mengarahkanmu menjadi lebih baik lagi dalam berbinis, kamu bisa bertaya jika kamu tidak tahu/bingung, kamu bisa dapat nasihat, solusi, dan yang terpenting ilmu darinya.

Tapi ingat carilah mentor yang benar-benar sudah paham akan bisnis online, tidak perlu jauh-jauh untuk mencari mentor, sekarang ini sudah banyak mentor online yang siap menjadi mentormu dan gratis.

Kamu hanya perlu kuota data, lalu cari di youtube tentang apa yang ingin kamu ketahui, nanti muncul beberapa orang yang benar-benar paham akan hal tersebut, jika kamu merasa terbantu dengannya, segera jadikannya mentormu, tonton video-videonya, ikuti media sosialnya, jika perlu minta nomor telepon/WA agar kamu bisa menghubunginya saat ada masalah dan kamu butuh solusi.

Saya tidak ada produk dan jasa yang akan dijual ?

Dizaman yang modern ini kamu tidak harus mempunyai barang ataupun jasa, kamu hanya perlu menjualkan dan memasarkan gambar saja yaitu Dropship.

Dropship bisa diartikan sebagai penjual gambar, karena tugas dari dropship hanya memasang gambar yang bagus serta unik untuk mendapatkan pembeli, lalu produknya gimana ?. produknya itu milik orang lain.

Apa itu dropship?

Dropship adalah sistem yang mulai berkembang dengan maraknya penjualan barang/jasa melalui internet. Dengan adanya sistem dropship ini, banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, pembeli dan pihak yang melakukan dropship itu sendiri yang disebut dropshipper. Dropshipper tidak menyimpan stok barang, sewa toko, bayar karyawan, seperti pembisnis lainnya. jadi jika seorang dropshipper mendapatkan order, ia akan langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke pemasok/supplier yang menjual barang tersebut.

Apa Bedanya Dropshipper dengan Reseller?

Sebetulnya membedakan antara reseller dan dropship adalah sitem dan cara kerjanya. sistem dropship, dropshipper tidak melakukan stok barang. Reseller harus punya modal terlebih dahulu untuk membeli barang tersebut dan kemudian menyetoknya. Sementara untuk dropshipper, kita tidak perlu repot punya modal untuk bisa menyetok barang. Dropshiper bisa langsung menjual produk hanya dengan gambar dan spesifikasi produk saja sehingga praktiknya lebih mudah untuk dijalankan.

Apa Saja Keuntungan Melakukan Dropship?

Sistem dropship bisa memberikan keuntungan bagi siapa saja termasuk kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis online. Bagi supplier, mereka terbantu karena barangnya dipasarkan lebih luas. Begitupun bagi dropshipper, ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan besar bahkan tanpa modal sekalipun. Jadi ini bisnis yang sama-sama mengunyungkan bagi kedua pihak. Dropshipper bisa menentukan keuntungan berapapun sesuai dengan keinginannya karena biasanya harga yang diberikan supplier sudah cukup murah.

Saya tidak mempunyai modal ?

Sepeti yang telah dijelaskan di atas, jika kamu tidak ada modal kamu bisa menjadi dropshiper. Jadi kamu tidak perlu menyewa tempat untuk meletakan produkmu, sewa karyawan untuk membatu packing produkmu, dan tidak perlu ada barangnya di kamu. Jadi tidak perlu modal untuk memulai.

Kamu harus banyak cari tahu tentang cara menjadi dropshiper agar customer meyukai dan membeli produkmu.

Saya tidak cukup banyak teman yang akan membeli produk saya?

Pertanyaan yang cukup membingungkan. Begini, kamu jualan apa hanya dijual ke teman saja, jika iya maka siap-siap tokomu akan segera tutup.

Kita hidup dizaman yang serba cepat, banyak orang yang tidak kita kenal yang akan membali produk kamu. gunakanlah media sosial untuk mempromosikan tokomu dan produkmu.

Media sosial yang paling banyak digunakan untuk berbisnis adalah instagram, Buat akun instagram khusus tokomu, mulai pasarkan produkmu. Jika kamu tidak tahu bagaimana membuat status yang bagus, Feed yang menarik maka kamu harus kembali ke point nomor satu yaitu terus belajar hal baru.

Jika kamu sudah mempunyai toko instagram, lalu kamu bisa ke tahapan yang lebih yaitu membuat website. Disini kamu bisa meminta bantuan orang lain yang paham akan hal itu atau membeli website toko kamu sendiri.

Website Toko Online

Lalu kamu bisa menjual produkmu ke berbagai marketplace yang ada, seperti, Shopee, Lazada, Tokopedia dan lainnya.

Dengan begitu bukan hanya teman atau saudara tetapi semua orang dari berbagai daerah bahkan negara akan membeli produkmu jika produk yang kamu pasarkan sukses.

Saya tidak ada waktu ?

Sehari itu ada 24 jam, 8-12 jam untuk tidur dan insirahat. dan sisa jamnya untuk aktivitasmu sehari-hari, entah itu bekerja, sekolah, ibu rumah tangga dan lainnya. Jika dilihat masih ada sisa waktu yang masih bisa kamu manfaaatkan, sepeti 12 jam untuk tidur dan istirahat masih bisa kamu gunakan untuk mengurusi bisnis online kamu, 12 jam kamu bisa mengambil 4 jam untuk bisnis onlinemu.

Dan semua itu bisa dilakukan asalkan ada niat dan keseriusan kamu. Bijaklah mengatur waktu, karena ia sangat berharga.

Bisnis online apa yang tidak perlu produk ?

Perlu diketahui bahwa bisnis onine tidak hanya tentang menjual dan membeli produk, tetapi ada banyak bisnis online yang tersebar di dunia internet.

Contoh dari bisnis online yang tidak perlu produk.

1. freelance online
kini banyak website yang akan membayar karya dan jasamu, kamu cukup kuasai saja bidang-bidang seperti pembuat aplikasi (Programer), Pembuat video animasi (Video Creator), pembuat logo, banner (Design Grafis) dan masih banyak yang lainnya.

2. Pembuat artikel blog
Yang ini memang sudah ada sejak lama, dan penghasilannya cukup besar, kamu cukup menulis artikel saja dan mempostingnya di blog atau websitemu. Nanti kamu akan mendapkan penghasilan dari iklan yang di klik oleh orang yang membaca artikelmu

3. Youtuber
Kenapa ini termasuk bisnis online ? iya karena youtuber menghasilkan uang dari internet, jadi masih tergolong bisnis online, menjadi youtuber tidak ada salahnya selain untuk berbagi informasi yang bermanfaat, youtuber dapat melatihmu mengasah dan membuat karyamu sendiri dan uang yang akan dihasilkan dari youtuber ini tergolong besar.

Jadi semua itu bisa kamu mannfaatkan untuk menambah pundi-pundi uang pemasukan kamu.

Kesimpulannya, jangan jadikan virus Corona ini alasan untuk kamu berdiam diri saja. yuk dari sekarang mulai dan terus belajar hal baru yang menyenangkan. Manfaatklan teknologi yang ada. Terus berkarya dan berusaha, Insyaallah pasti akan dimudahkan jalannya