Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tipe Manusia Dalam Mengatur Waktu

Apakah anda termasuk orang yang merasa sering kekurangan waktu ? Jika iya, maka anda harus siap berbenah kembali.

Setiap orang diberikan waktu yang sama tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang. Kita semua memiliki 24 jam sehari untuk menjalani hidup ini.

Tapi mengapa orang lain tidak merasa waktunya kurang, mengapa hanya anda yang merasa sering kekurangan waktu ? Jawabannya adalah karena anda salah dalam cara anda mengatur diri untuk waktu yang tuhan berikan kepada Anda.

Sumber : pixabay.com

Sebenarnya setiap orang berbeda-beda dalam mengatur waktu mereka. tapi bisa disimpulkan ada 4 tipe manusia dalam mengatur waktu, yaitu :

1. Hal penting dan mendesak
2. Hal penting tetapi tidak mendesak
3. Hal tidak penting dan mendesak
4. Hal tidak penting dan tidak mendesak

Disini kita akan membahas satu persatu, jadi tetap baca sampai akhir.

1. Penting dan mendesak

Jika anda adalah orang yang suka menunda-nunda pekerjaan penting maka anda masuk dalam tipe yang pertama.

Anda tau hal itu penting, namun anda tunda-tunda sampai akhirnya waktu kian dekat dan anda "terpaksa" menyelesaikannya dan meski hasilnya baik-baik saja tapi hal ini tidaklah maksimal dan jika dilakukan terus-menerus, anda akan menjadi seorang yang pemalas dan tidak menghargai waktu.

Anda harus mengurangi sikap seperti ini, anda terlalu santai dalam menghadapi hal apapun, menganggap remeh suatu hal padahal mungkin itu penting bagi anda atau jika anda mendapatkan pekerjaan dari seseorang mungkin orang itu sangat penting akan hasil pekerjaan anda secepatnya tapi anda malah bersantai sampai waktunya hampir habis.

2. Penting dan tidak Mendesak

Cara Anda mengatur waktu tipe ini mungkin yang terbaik karena anda tau bahwa hal itu penting dan anda tidak ingin berhela-hela dan bersantai dalam mengerjakannya sehingga pekerjaannya anda lebih maksimal. Target bulanan anda pecah dalam kegiatan harian dan anda lebih tenang dalam menjalani hidup karena tidak ada beban yang belum terselesaikan.

Pada bagian ini, anda akan lebih bijaksana dalam mengatur waktu, anda tau kapan harus dikerjakan dan kapan itu selesai sehingga anda tidak menyia-nyiakan waktu untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu.

Dan anda akan lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga, dikarenakan pekerjaan yang anda lakukan sudah selesai sebelum waktu yang ditentukan.

3. Tidak penting dan tidak mendesak

Tipe orang yang mengatur seperti ini adalah orang yang lalai. Biasanya didukung dengan lingkungan yang negatif dan lemah membawa anda pada sikap ini dan tentunya adalah atas pesetujuan anda pribadi.

Hal-hal yang tidak penting dan tidak mendesak menghampiri anda dan anda terima begitu saja. hal ini jika dilakukan terlalu lama maka akan meracuni masa depan anda.

Misalnya anda tidak sengaja melihat sebuah iklan Smartphone terbaru dan anda tertarik ingin membelinya padahal HP anda masih terbilang bagus tapi anda menghiraukannya dan langsung menguras tabungan yang telah anda kumpulkan sejak lama.

Dari contoh itu, anda bisa menarik kesimpulan bahwa hal itu tidaklah terlalu penting tetapi anda tetap saja membeli HP keluaran terbaru tersebut.

4. Tidak penting dan mendesak

Jika anda memiliki tipe ini, maka usahakan kurangi atau hilangkan. Seperti saat anda ditelpon teman untuk ke kafe nongkrong sampai lupa waktu dan anda menyetujuinya dan pergi.

Padahal itu tidak penting tapi anda ikut terdesak dan pergi menuju kafe bersama teman anda, dan mungkin pada saat itu anda sedang ada pekerjaan lain yang lebih penting seperti mengerjakan tugas sekolah, membantu orangtua bekerja atau pergi belajar, tetapi anda malah pergi ke kafe seharian nongkrong sampai lupa waktu padahal itu sama sekali tidak penting.

Saya sarankan anda mengurangi atau menghilangkan tipe 1,3 dan 4, menjadi pribadi yang terencana akan membuat anda tampil dan meraih hasil yang maksimal. Fokuslah pada tipe yang ke-2. Anda menggunakan waktu untuk hal penting dan mendesak.