TKJ Kerja Apa ? Inilah 6 Pekerjaan Tamatan SMK Jurusan TKJ

Anak smk jurusan tkj

Berbicara soal TKJ, pasti yang langsung dipikiran kamu adalah Komputer, Obeng, Kabel, Internet dan lain sebagainya. Sebenarnya ilmu TKJ bukan hanya membahas itu saja. tetapi ada banyak yang harus kamu pelajari dan kuasai.

TKJ adalah salah satu jurusan yang menjadi pilihan favorit siswa baru yang akan memulai bangku sekolah nya di SMK. 

Mengapa TKJ menjadi pilihan favorit ? Itu dikarenakan kebutuhan akan ilmu Teknik Komputer dan Jaringan sangat besar. Banyak perusahaan dunia maupun lokal yang siap menerima jasa orang yang paham akan Teknik Komputer dan Jaringan.

Apakah TKJ gampang mencari kerja ? Pertanyaan itu mungkin sudah ada di benak kamu yang ingin melanjutkan bangku sekolah SMK jurusan TKJ, seperti yang saya sebutkan  tadi bahwa dunia saat ini sangat membutuhkan orang-orang yang paham akan komputer.

Kalau untuk mencari kerjanya gampang tapi untuk bisa masuk dan diterimanya akan sedikit sulit, Kenapa sulit ? Yap ilmu komputer itu butuh orang-orang yang memiliki pemahaman tingkat tinggi logika dan algoritma serta menguasai dasar-dasar matematika dan sains.

Setelah mendengar penjeasan saya diatas. Jangan langsung takut dan menyerah, tenang saja. Ilmu komputer yang saya katakan harus menguasai ilmu logika, alqoritma serta matematika dan sains itu hanya untuk kamu yang ingin belajar Pemprograman seperti pembuatan website, aplikasi dekstop, aplikasi android, dan lainnya.

Jika kamu tidak ingin menjadi programer, tenang saja ilmu yang kamu dapatkan di jenjang smk jurusan TKJ tidak akan pernah sia-sia.

Berikut pekerjaan untuk tamatan Smk jurusan TKJ

1. Teknisi Komputer

Teknisi komputer

Di era modern ini hampir semua pekerjaan menggunakan komputer. Tidak heran jika komputer menjadi barang elektronik yang harus dimiliki setiap orang. Dengan begitu pekerjaan sebagai teknisi komputer menjadi yang paling dicari.

2. Desain Grafis

Jurusan TKJ juga dapat mengambil pekerjaan sebagai desain grafis. pekerjaan ini dapat anda jadikan sebagai pekerjaan tetap tetapi banyak juga orang yang hanya menjadikan pekerjaan ini sebagai usaha sampingan.

Jadi jika kamu mau melanjutkan kuliah. Kamu bisa menambah uang jajan atau untuk tambahan biaya kuliah kamu dengan menjadi seorang desain grafis.

3. Teknisi Jaringan

Dari kepanjangan TKJ (Teknik komputer dan Jaringan) disana ada terdapat kata jaringan yang artinya jurusan TKJ berfokus pada jaringan.

Jadi setelah kamu lulus dari smk kamu bisa melamar pada perusahaan yang membutuhkan karyawan yang paham tentang jaringan.

4. Programer

Code editor

Pada era digital ini Programer menjadi pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh perusahan baik lokal maupun dunia. 

Namun hanya sedikit orang yang mampu menguasai ilmu programer saat ini. Itu dikarenakan Programer harus mempunya logika serta algoritma yang kuat untuk menyelesaikan suatu masalah.

Tapi dengan terus belajar dan pantang menyerah, kamu pasti bisa menjadi Programer profesional.

5. Web Designer

Jika Desain Grafis adalah pekerjaan untuk membuat spanduk, banner, logo.Maka lain halnya dengan Web Designer yang tugas nya mendesain sebuah website agar menarik untuk di lihat. Pekerjaan ini amat sangat dibutuhkan sama halnya dengan programer. 

Dan terkadang Programer dan Web Designer sering bekerja sama untuk menciptakan suatu website yang sangat manarik untuk dikumjungi.

6. Buka Warnet

Warnet modern

Siapa yang tidak pernah ke warnet ? Hampir semua orang pasti mengenal nama nya Warung internet (Warnet) entah itu untuk bermain game, sosial media, browsing google, mengerjakan tugas sekolah atau pun hanya untuk menonton video.

Kamu bisa membuka usaha Warnet jika sudah lulus sekolah. Tapi untuk membuka Warnet kamu membutuhkan modal yang besar dari membeli PC sampai perangkat lainnya yang cukup mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel