Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Laptop Asus X441N Mati Tanpa Service Mesin

Ini merupakan pengalaman yang baru saya temui. Pada saat itu saya ingin membantu teman yang laptopnya Asus X441N mati saat ingin dihidupkan, padahal dimalam hari tidak ada masalah apapun pada laptopnya.

Laptop X441N Mati

Setelah saya lihat laptopnya, benar saja tidak ada respon apapun, lampu indikator yang biasanya hidup jika di cas, pada laptop ini tidak ada yang menyala.

Dalam hati, Saya menduga ini sudah pasti mati total dan harus service mesin di tempat service laptop.

Tapi saya ingin memastikan lebih jauh apakah benar laptopnya mati total atau ada hardwarenya saja yang rusak.

Tanpa pikir panjang saya langsung membongkarnya dan Hardware pertama yang saya cek adalah Battery. Kenapa Battery ? Dari pengalaman saya, Battery adalah salah satu hardware yang bisa membuat laptop seakan mati total jika terjadi konsleting pada salah satu bagian penting dari Battery.

Ketika Battery sudah saya lepaskan, tetapi masih saja tidak ada respon dan lampu indikator cas tidak kunjung hidup.

Lalu saya mengecek RAM, dan hasilnya sama saja tidak ada respon.

Pada saat saya ingin melepaskan kabel fleksibel Keyboard, tiba-tiba laptop itu dengan sendirinya hidup tanpa harus menekan tombol power yang ada dikeyboard itu sendiri.

Dalam hati saya berfikir mungkinkah ini keyboardnya atau hanya kebetulan.

Saya pun mencoba untuk memasang kembali keyboard laptop itu dan hasilnya sama seperti sebelumnya tidak ada respon. Dan jika keyboard dilepas laptop pun hidup dengan normal.

Kebetulan laptop Asus X441N ini, tombol powernya menyatu dengan tombol keyboard lainnya dan Bisa dipastikan bahwa keyboardnya yang rusak.

Kenapa ini bisa terjadi? Itu dikarenakan keyboard mengalami konsleting yang menyebabkan laptop tidak bisa hidup kembali.

Ini bisa saja terjadi pada laptop mana saja. dan merupakan suatu hal yang wajar dan umum.

Jika cara tersebut tetap tidak bisa. Kamu bisa mengecek Hadrware lainnya seperti Batrey, Ram, Hardisk, Tombol power, kabel fleksibel lcd dan lainnya. Sebelum memutuskan untuk service mesin.

Nah jika kalian masih bingung, disini saya sudah menyiapkan 1 video bagaimana cara mengatasi laptop Asus X441N mati tanpa service mesin Klik untuk ke halaman youtube

Sekian dulu semoga membantu untuk kamu yang sedang kebingunga dalam permasalah laptop seperti ini.