Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Musik Sangat Penting Untuk Kesehatan Remaja

Music

Musik banyak dijadikan sebagai media untuk menyatakan perasaan hati, mulai dari sedih, galau, ceria atau pun membangun semangat. Ada banyak jenis musik di indonesia mulai dari musik daerah, dj, pop, jass, rock ataupun dangdut.

Dan tahukah kamu bahwa musik sangat penting untuk kesehatan remaja. Menurut sebuah penelitian di amerika bahwa, 70% musik pop dibeli oleh remaja 12-20 tahun. Hal itu membuktikan bahwa rata-rata remaja sangat suka mendengarkan musik.

Di Amerika rata-rata Remaja mendengarkan musik selama 4,5 jam per hari. Hal itu menunjukan bahwa remaja sangat membutuhkan musik. Apa alasan remaja sangat menyukai musik ? Alasannya mungkin ada bermacam-macam.

Ada yang menggunakan musik untuk dirinya merasa lebih baik di hari yang buruk dan ada yang menggunakan musik sebagai media untuk menungkapkan perasaan hati dan perasaan emosinya.

Kita tahu bahwa masa remaja adalah masa yang penuh ambisi, kecemasan, khayalan, hasrat, dan penyesalan. Dan manfaat musik adalah untuk menstabilkan kondisi tersebut agar lebih baik.

Berikut ini adalah manfaat musik untuk kesehatan remaja

1. Musik dan Emosi remaja

Remaja memang terkenal dengan emosinya yang kadang kala naik turun mengikuti isi hati dan pikirannya.Musik menjadi penengah antara dirinya dan emosi yang dirasakan.

Musik akan masuk perlahan ke dalam jiwa untuk mendamaikan perasaannya saat itu. Itulah mengapa saat orang merasa sedih, mereka mendengarkan musik yang sesuai dengan kesedihan yang meraka alami. Sehingga mereka larut dalam irama dan menenangkan hati dan perasaannya. Namun ada juga yang memilih musik gembira saat mereka bersedih, dengan harapan bisa melupakan kesedihannya

2. Musik dan Kesehatan mental

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa remaja memiliki ambisi yang besar, khayalan yang kuat dan penyesalan yang mendalam. Semua itu bisa dirasakan saat remaja. Namun dengan alasan itu banyak remaja yang menjadikan pola prilakunya menjadi menyimpang. Inilah yang membuat musik mampu memulihkan kesehatan mental remaja. Musik mampu mengembalikan kenangan yang ada di memori otak manusia, sehingga manusia menyadari apa yang telah ia lakukan selama ini.

3. Musik sebagai Pendorong mood

Remaja wanita

Banyak orang yang mengawali hari mereka dengan mendengarkan musik yang semangat, dengan harapan agar harinya berjalan dengan baik dan itu ternyata ada benarnya. Jika di pagi hari saja kita bersedih, galau, ataupun tidak bersemangat, bagaimana kita menjalani hari yang akan segera dimulai.

Rata-rata remaja saat pagi hari, mereka hanya bermalas-malasan apalagi jika hari libur. Tapi dengan mendengarkan musik yang semangat, perasaan hatinya akan ikut ceria. Dan tahukah kamu bahwa ide yang sempurna akan muncul jika kamu dalam keadaan senang.

4. Musik dan kesehatan tubuh

Musik juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh lohh, kok bisa ? Karena pada saat kamu mendengarkan musik yang lembut seperti musik klasik atau jazz maka akan meningkatkan daya ingat, jantung akan berdetak pelan, otak dan tubuh akan lebih santai, dan pernapasan menjadi lebih lancar dan teratur.

5. Musik dan Diet

Untuk remaja perempuan, berat badan memang menjadi hal yang harus diperhatikan. Dan ternyata musik dan diet bisa berhubungan. karena mendengarkan musik dengan tempo yang lambat akan membuat kamu merasa lebih rileks, sehingga berat badan kamu menjadi terjaga.

6. Musik dan olahraga

Olahraga memang sangat wajib dilakukan untuk memulihkan dan menjaga kesehatan tubuh kamu. Dan ternyata olahraga akan lebih maksimal jika dilakukan sambil mendengarkan musik favoritmu. Kamu akan merasa lebih fresh dan tidak gampang lelah saat olahraga.

7. Musik dan stress


Jika musik bisa meredahkan emosi, maka stress juga mampu dihilangkan dengan mendengarkan musik yang sesuai. Cari musik yang iramanya lembut, santai dan tenang.
Biasanya musik ini dinamakan relaxing sleep music, dan diputar menjelang tidur malam. Ini sangat berguna untuk menghilangkan stress, meditasi, terapi otak dan ketenangan pikiran, hati, dan jiwa khususnya pada remaja.

Remaja memang masa yang sangat menyenangkan, apalagi jika kamu adalah remaja yang aktif, dalam artian aktif di kehidupan sosial, melakukan kegiatan produktif, membantu sesama dan melakukan apa yang kamu inginkan, dalam hal yang positif. Dan musik adalah salah satu faktor pendukung semua itu.