Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Jika Planet Bumi Sudah Tidak Ada lagi Air

Burung minum

Coba kita bayangkan apa yang akan terjadi jika kita hidup tanpa adanya air di dunia, apakah kita bisa hidup atau tidak ? Jawabannya pasti tidak, karena air merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup di dunia tak terkecuali manusia.

Air tidak hanya menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik setiap harinya tetapi lebih dari itu ada banyak sekali manfaat air untuk menunjang kehidupan.

Pada manusia selain di minum air banyak digunakan untuk hal-hal penting lainnya seperti mandi, mencuci, membersihkan barang yang kotor, mengairi ladang pertanian hingga sebagai sumber penghasil tenaga listrik.

Nah lalu apa yang akan terjadi bumi jika sudah tidak ada air lagi?

Makhluk hidup akan punah 

Rusa minum

Dinosaurus adalah hewan yang dulu memang benar-benar pernah hidup di bumi tapi mengapa sekarang sudah tidak ada lagi, itu karena mereka sudah punah dan fosil mereka sudah ditemukan. tidak hanya dinosaurus sebagai hewan terbesar di darat, hewan terbesar di laut yang katanya ukuran nya bisa sebesar pulau kecil juga sudah punah.

Seperti yang telah dikatakan diatas semua mahluk hidup membutuhkan air tidak ada yang mampu hidup tanpa adanya air. Jadi jika hal itu terjadi maka semua mahkuk hidup akan punah termasuk manusia.
Manusia membutuhkan 1-3 liter air sehari untuk hidup. jika air sudah tidak ada lagi maka manusia juga akan hilang.

Tumbuhan tidak bisa melakukan perkembangan dan pembuahan dikarenakan tidak adanya air. Bila itu terjadi maka tidak ada yang  akan menyeimbangi udara jika semua tumbuhan mati dan selain itu semua hewan tidak ada yang akan bertahan apalagi hewan laut dan sungai pasti akan menjadi yang pertama akan punah.

Permukaan bumi akan berubah

Bumi tandus


Tidak ada yang akan bertahan, Bumi pun akan rusak dengan tidak adanya air. permukaan bumi akan tandus, gersang, dan berdebu seperti yang terjadi pada planet Mars.

Permukaan bumi yang mempunyai warna hijau yang berasal dari tumbuhan dan warna biru yang berasal dari laut akan menjadi kecoklatan dan orange tua.

Selain itu cuaca akan sangat berpengaruh, karena apabila saat itu terjadi maka tidak akan adanya hujan yang turun. Ketika hari sangat panas biasanya kita berharap akan turun hujan agar udara terasa lebih sejuk. Tapi hal itu tidak akan terjadi lagi kalau bumi sudah tidak ada air lagi

Laut yang tadinya air berubah menjadi lubang yang besar 

lembah

Jika sekarang laut menjadi tempat yang sering dikunjugi maka saat air tidak ada, laut akan menjadi tempat yang sangat menakutkan.
Anda bisa melihat jelas kalau lautan adalah lembah yang sangat dalam karena saat lautan berisi air, kita tidak bisa memperkirakan sedalam apa lautan. Apalagi jika tidak ada airnya maka kita hanya akan melihat lubang yang sangat dalam serta luas yang tidak akan bisa dihitung kedalamannya.

Disana akan terlihat bangkai-bangkai hewan besar seperti paus, hiu serta masih banyak hewan yang hidup di dasar laut yang akan terlihat bangkai nya.

Tidak ada yang berani masuk kedalam lembah hitam dan gelap itu. Apakah kamu berani ?

Semua gunung berapi akan mati 

gunung

Tidak ada lagi gunung yang akan mengeluarkan lava dan magma itu dikarenkan air berperan penting sebagai bahan pembuat magma.
Gunung-gunung didunia akan mati dan terlihat seperti bukit biasa yang tinggi dan besar.

Jika hal tersebut benar terjadi bahwa bumi tidak ada lagi air maka dampaknya sangat menyeramkan ya, teman-teman. itu bisa disebut awal mula kiamat yang akan terjadi menurut ilmu fisika.
Dengan ini saya pribadi Andra Juansa (Penulis) mengajak teman-teman. yuk, mulai sekarang kita menghemat air dan saling membantu orang-orang yang membutuhkannya.