Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Agar Pagi Anda Selalu Segar dan Semangat

Bangun di pagi hari memang terasa sangat berat bagi yang belum terbiasa, butuh perjuangan yang sangat extra untuk melepaskan guling dan selimut yang sangat nyaman itu.

Kuantitas sebuah hari dimulai dari bagaimana anda memulai pagi, bangun tidur dalam keadaan yang buruk akan mengawali hari mu menjadi kurang produktif dan bersemangat. Sebaliknya mengawali pagi hari dimulai dari bangun tidur yang segar akan membuat mu semakin bersemangat dan produktif

Bayi tidur

Apalagi jika Anda bangun tidur dengan badan yang terasa lelah, pikiran kosong, mau ngapa-ngapain malas banget dan yang paling parah adalah kembali tidur lagi. hehe

Nah apakah anda akan terus-terusan begini, mau sampai kapan ?
Ehh, tenang dulu jangan panik. Dunia Kini akan memberi Tips agar pagi anda selalu segar dan semangat.

1. Jangan makan sebelum tidur

Makan besar

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, maka diawal tidur juga tidak boleh sembarangan seperti makan sebelum tidur. Makan sebelum tidur memang tidak dilarang, tapi kamu harus tetap memperhatikan apa yang kamu makan, karena beberapa makanan dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Tetapi masih banyak orang yang melakukan hal ini seperti makan cemilan hingga tertidur, Pizza, Sereal, Coklat maupun makan berat lainnya, selain dianggap tidak sehat kebiasaan itu membuat kita telihat jorok dikarenakan tidak membersihkan mulut selesai makan dan sebelum tidur.

2. Minum Air Putih sebelum dan sesudah tidur

Sebelum tidur minumlah minimal segelas air putih. Ini dilakukan agar diwaktu tidur tubuh anda masih ada cairan hingga bangun esok pagi. Setelah bangun segeralah meminum air putih, ini bertujuan mengembalikan cairan yang hilang ada di tubuh selama tidur.

3. Jauhkan HP dan benda elektronik lainnya

HP

Hampir semua mempunyai HP dan sebagian orang tidak pernah melepas HP nya dalam waktu 1 jam selama terbangun. Jika seharian Anda telah bersama benda-benda elektronik maka ada baiknya saat ingin tidur matikan dan jauhkan benda-benda itu. seperti matikan televisi, Gadget dan lain-lain.

Sebuah studi menyebutkan bahwa alat-alat elektronik dapat mempengaruhi stimulasi kognitif pada otak, seingga mempengarui kualitas tidur. Cahaya dan suara yang dikeluarkan benda elektronik juga dapat memperlambat produksi hormon melotin yang berperan untuk mengatur jam tidur biologis.

4. Pilih tempat tidur yang nyaman

Ini salah satu yang paling penting, dikarenakan tempat tidur menjadi hunian kita selama 6-8 jam semalam. Jika tempat tidur kita tidak nyaman bagaimana mau mendapatkan kualitas tidur yang baik.


5. Membasuh Wajah dengan Air Dingin

Yang ini adalah pilihan jika Anda tidak menyukai air dingin dipagi hari, Anda dapat menggantinya dengan air hangat, Ini bertujuan agar rasa kantuk yang berat akan segera pergi.

6. Olahraga

Setelah itu cobalah untuk melakukan gerakan yang ringan terlebih dahulu seperti pemanasan, pelenturan sendi-sendi jika merasa sudah segar, keluarlah rumah lalu hiruplah udara segar di pagi hari mulai dengan gerakan yang sedikit berat seperti Joging dan Angkat beban.

7. Sarapan Pagi

Tidak semua orang menyukai sarapan pagi. Banyak dari mereka langsung berangkat bekerja atau bersekolah. Padahal sarapan pagi dapat membuat Anda lebih siap mengawali hari. Dan sarapan juga bisa mengontrol berat badan, meningkatkan fokus dan mencegah peningkatan kadar kolestrol.

Itu lah beberapa tips yang akan membuat anda menjadi lebih segar, fresh, dan semangat menjalani hari yang penuh ceria. Jika Anda merasa terbantu dengan Artikel ini bisa dibagikan ke teman-teman anda yang membutuhkan solusi ini.

Penulis : Andra Juansa