Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mencintai Diri Sendiri, Patut Untuk Kita Renungkan

Pergilah ke depan Cermin lalu tanyakan pada diri kita, sudahkah kita mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain ? Mungkin dengan pertanyaan tersebut ada sebagian orang yang masih belum mengerti bagaimana mencintai diri sendiri.

Bercermin

Kadang mencintai orang lain lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. Padahal memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri sama penting nya menjalin hubungan dengan orang lain.

Mencintai diri sendiri setulus hati membebaskan kita dari beban sosial, dengan mencintai diri sendiri kita belajar memahami diri dan menerima apa yang sudah kita miliki dan menjaganya.
Fakta nya mereka yang sulit menerima keadaannya saat ini dapat mengakibatkan efek negatif seperti Minder selalu merendahkan diri bahkan selalu membenci diri sendiri dan berakhir kematian atau Depresi.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mencintai diri sendiri ? nah yuk simak penjelasanya cara mencintai diri sendiri.

1. Menerima diri sendiri serta bersyukur
Rasa percaya diri seseorang akan muncul jika dia bisa menerima diri sendiri dan memiliki pandangan yang baik terhadap kepribadian diri.

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Cintai kekurangan itu dan syukuri kelebihan yang dimiliki. Dengan begitu kita akan lebih tenang dalam menjalankan hidup. 

2. Penuhi kebutuhan diri sendiri
"Bahagiakan dirimu, lakukanlah apa yang menurutmu benar."
Pikirkan apa yang dibutuhkan diri mu, dan segera penuhi. Misalnya dengan mengetahui bahwa kita harus mendapatkan tidur 7-8 jam setiap malam, makan tiga kali sehari, olahraga, dan meluangkan waktu untuk melakukan hal yang menyenangkan.

Namun jangan cuma diperhatikan, semua kebutuhan itu harus dipenuhi agar bisa kita bisa mencintai diri sendiri. Contohnya, jika seharian anda sibuk dengan bekerja dan tubuh anda membutuhkan refreshing cobalah untuk meluangkan waktu untuk diri anda sendiri seperti tidur, jalan-jalan di taman, menonton film dll.

4. Bergaul dengan orang-orang positif

Comunity

Hal yang perlu diketahui bahwa energi positif bisa menular.
Oleh karena itu, salah satu nya cara menjalin hubungan dengan diri sendiri adalah ketika kita dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi kita dan memiliki energi positif.
Berkumpul dengan orang yang mempunya energi positif dapat membawa sebuah keuntungan. Kita bisa tertawa dan terbiasa menjalankan aktivitas yang positif.

4. Berbicara dengan diri sendiri
Cara ini jangan dilakukan ditempat umum pasti dibilang orang GILA nanti hehe.
Bagaimana bisa berbicara dengan diri sendiri ? Cara nya mudah kok kita hanya perlu mencari ruang untuk sendiri seperti dikamar tidur lalu mulai dengan pertanyaan di hati dan dijawab oleh anda sendiri.

Contohnya tidak ada salah nya jika bertanya tentang apa yang membuat kita tidak nyaman "mengapa saya merasa tidak nyaman"? "apa yang membuat saya tidak nyaman"?  Anda bisa mengingat-ingat hal apa yang membuat  anda tidak nyaman. Lalu jawab lah pertanyaan itu. 

5. Kurangi hal yang berbau negatif
Bukan cuma energi postif, energi negatif juga bisa melular. Cobalah untuk mengurangi konsumsi media sosial  atau informasi yang mengajak kita ke hal-hal yang negatif
Rasa ingin tau yang ada didalam diri kita bisa jadi dapat menjerumuskan kita pada hal-hal kurang baik.

6. Cari kegiatan menyenangkan sesuai bakat .

Sport

Selain mengasah kemampuan yang kita miliki, ini salah satu yang efektif untuk bisa mencintai diri sendiri.

7. Berhenti jadi orang lain
Jangan pernah jadi orang lain jika ingin mencintai diri sendiri. serta percaya dirilah menjadi diri sendiri. Kehidupan ini sengat adil. Jadi setiap kita melakukan sesuatu pasti ada yang suka maupun benci, jangan takut dengan pandangan orang lain, lakukan saja  hal yang terbaik yang bisa kita lukukan.