5 Tips Sebelum Membeli HDD Laptop

HDD adalah salah satu Hadware yang paling penting dari sebuah laptop karena HDD berfunsi sebagai media peyimpanan yang sudah digunakan hampir semua laptop saat ini. Walaupun sekarang SSD mulai menggantikan HDD sebagai media penyimpanan tetapi HDD masih menjadi pilihan utama dari berbagai merk laptop dan notebook.

Keunggulan dari HDD adalah harganya yang relatif murah dengan peyimpanan yang besar.  Biasanya yang paling sering digunakan untuk laptop yaitu 320 GB, 500 GB, 1 TB 

HDD Eksternal

Sedangkan SSD memiliki keunggulan di sektor kecepatan yang dapat melebihi kecepatan dari HDD namun untuk mendapatkan SDD kita harus mengeluarkan budget yang lebih besar.

Kita tidak harus memillih salah satu dari kedua hadware tersebut, dikarenakan kita dapat menggunakan SSD dan HDD secara bersamaan di dalam satu perangkat. Biasanya orang-orang menggunakan SSD sebagai sistem operasi sedangkan HDD digunakan sebagai media peyimpanan.

Memilih HDD tidak boleh asal-asal kita harus memperhatikan beberapa hal agar tidak menyesal di kemudian hari. dikarenakan HDD sangat rentan akan terjadi BAD SECTOR. Nah apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli HDD. Simak berikut ini.

1. Pertimbangkan kapasitas memori

MOBO HDD

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah kapasitas memori, karena jika kamu memiliki kebutuhan memori yang besar namun kamu malah memilih memori dengan kapasitas yang kecil maka kamu akan menambahkan budget lagi untuk membeli Harddisk Eksternal.

Jadi sebelum membeli HDD pastikan kamu mempertimbangkan kebutuhan untuk jangka panjang dan sesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya jika Anda seorang creator video anda wajib memilih HDD yang berkapasitas besar kerena file video memiliki size yang besar dan sebaliknya jika Anda hanya untuk tugas kuliah, mengetik, ataupun hanya menggunakan laptop sesekali maka tidak ada salah nya memilih kapasitas yang kecil dan sedang.

2. Merk HDD 

Mengapa merk masuk kedalam hal yang harus diperhatikan sebelum membeli HDD ? Karena kualitas dan teknologi yang digunakan HDD tergantung dari perusahaan apa yang mengeluarkannya, Jika merk HDD tersebut sudah lama dan berpengelaman serta sudah banyak yang puas akan kinerja yang dihasilkan oleh HDD tersebut maka tidak ada salahnya Anda membeli merk tersebut.

Dan sebalikya jika merk HDD tersebut baru terdengar atau baru berdiri maka anda harus mencari informasi lebih tentang HDD tersebut jika tidak yakin maka anda tidak usah membelinya. Terlebih sekarang banyak merk HDD palsu dan kw yang diproduksi menyerupai produk original tetapi kualitas dan kinerja nya jauh berbeda.

3. kinerja dari HDD

Piringan HDD

Kinerja dari HDD ditentukan oleh banyak faktor tetapi yang terpenting adalah RPM(revolutions per minute) atau putaran per menit. RPM yang tinggi berarti bisa mentransfer data lebih cepat ke drive lain. TIngkat failure juga harus dipertimbankan karena HDD menggunakan mekanik, keausan pasti akan terjadi selama kita menggunakanya. Beberapa model cenderung akan rusak 6 bulan dan yang lain akan memiliki masa aktif lebih dari 6 tahun.

4. Eksternal vs Internal 

Memilih jenis HDD yang akan kita pakai juga merupakan hal yang penting apakah HDD ini diletakan di internal atau eksternal.
Fungsi dari dari keduanya tentu saja berbeda. Biasanya HDD eksternal digunakan untuk backup dan terhubung menggunakan usb 2.0 yang memiliki kecepatan maksimal 480Mb/s dan sekarang sudah ada usb 3.0 yang mempunyai kecepatan maksimal 5Gb/s.

Untuk HDD inernal biasanya digunakan untuk menjalankan sistem operasi di perangkat dan untuk menjalankan semua jenis sofware yang ada di perangkat. HDD internal juga dapat menyimpana serta dijadikan tempat backup data.

5. Harga

Harga adalah pertimbangan yang sangat penting karena harga yang menentukan HDD apa yang akan kita beli, jika ingin membeli HDD dengan kinerja, kecepatan yang baik dan penyimpanan yang besar kita harus meyiapkan budget yang lebih juga. apalagi di era teknologi ini semua ditentukan harga, ingin kualitas terbaik maka harga yang dijual juga tinggi. 

Demikianlah beberapa tips sebelum Anda membeli HDD semoga bermanfaat untuk para pembaca dan jika anda suka dan terbantu mohon untuk membagikannya, Terima Kasih.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel