Mengenal apa itu Overthinking

Mengapa saya ingin menulis tentang Overthinking ? Yapp bisa diakui saya (penulis) sendiri adalah salah satu dari sekian banyak orang di dunia ini yang memiliki sifat Overthinking. Sebelum kita membahas lebih jauh Overthinking, ada baiknya kita mulai dengan apa itu Overthinking.


Overthinking

Apa itu Overthinking

Secara Psikologis Overthinking adalah memikirkan suatu hal secara berlebihan dan terus-menerus sampai mengulang-ngulang suatu kejadian atau peristiwa.

Overthinking kerap muncul karena seseorang terus mengingat dan memikirkan hal-hal tertentu yang lahir dari berbagai keadaan. Biasanya terjadi pada malam hari menjelang tidur
kebanyakan sifat Overthinking adalah memikirkan, mengingat dan menyesali suatu peristiwa atau kejadian dari kenangan pilu di masa lalu, kesalahan yang kita sesali hingga bayang-bayang rasa bersalah yang terus-menerus terjadi, tidak hanya masa lalu, penderita Overthinking akan terus-menerus memikirkan tentang masa depan dimana itu belum terjadi, dan ia sangat khawatir apa pun yang berhubungan dengan masa depan.

Kondisi Overthinking sudah menjadi sebuah pandemi. Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Michigan, ditemukan bahwa 73% Overthinking berada pada usia 25-35 tahun, dan 62% adalah golongan usia 45-55 tahun, Tetapi tidak menghilangkan kemungkinan golongan usia lainnya bisa menderita Overthinking, Seperti saya, usia saya masih 17 tahun tapi sering sekali mengalami Overthinking khusunya pada malam hari menjelang akan tidur, maka dari itu saya akan membahas tuntas tentang Overthinking dan cara menghentikannya.

Apa yang terjadi jika Overthinking menjadi kebiasaan ?

Orang yang Overthinking sering kali membuat skenario atau halusinasi buruk tentang hal-hal yang belum terjadi, bahkan seringkali masalah yang dihadapi tidak seberat yang dipikirkan.
Jika menjadi kebiasaan itu akan menganggu mental dan membuat insting tidak bekerja secara maksimal. Tidak hanya itu Overthinking juga dapat menghambat Kreativitas penderitanya.

Dampak Overthinking pada kesehatan ?

Overthinking
1. Stress
Hal yang umum terjadi adalah stres, itu disebabkan oleh meningkatnya daya pikir dan halusinasi terus menerus dan diulang-ulang suatu kejadian yang sudah pernah kita pikirkan sebelumnya.

2. Sulit tidur
Overthinking umunya terjadi pada saat malam hari menjelang tidur, hal itu akan membuat jam tidur kita tidak efektif.

3. Perubahan nafsu makan
Nafsu makan akan berubah jika terlalu sering mengalami Overthinking berlebihan.


Overthinking bukan lah suatu penyakit, tapi hanya suatu kebiasaan yang terjadi terus-menerus.

Overthinking

Cara mengatasi Overthinking

1. Menulis sesuatu yang anda pikirkan
Salah satu cara adalah menulis apa yang anda pikirkan, pada saat anda memikirkan suatu hal, maka coba untuk menulis apa yang anda pikirkan, bisa lewat buku atau benda terdekat anda yaitu Handphone anda, Tujuan nya agar anda tidak lagi memikirkan hal yang sama di kemudian hari, Anda cukup lihat catatan yang anda buat jika Overthinking itu terjadi dengan peristiwa yang sama.

2. Mengalihkan diri secepatnya
Cara ini cukup mudah, jika mulai melakukan Overthinking Anda bisa langsung mengalihkan diri dengan melakukan aktivitas menyenangkan misalnya, membaca buku, olahraga, mendengarkan lagu Happy.

3. Merefleksikan diri
memikirkan sesuatu yang berlebihan dan merenungkannya terlalu lama tentu tidak akan meyelesaikan masalah. Meski tidak mudah sebaiknya anda refleksikan diri anda dan belajar dari kesalahan yang terjadi.

4. Mengambil tindakan
Jika tidak ingin terus berlarut-larut memikirkannya, Anda perlu mengambil tindakan saat itu juga, sebab, apabila tertap memikirkannya tidak akan membuahkan hasil.

Itu adalah beberapa cara yang harus anda lakukan jika Overthinking terjadi, Anda tidak perlu cemas, Overthinking bukan penyakit, melainkan kebiasaan yang terus-menerus dilakukan , Jika itu berlanjut dan Anda tidak ada niat untuk menghentikan Overthinking, maka itu dapat mempengaruhi hidup anda, terutama mental. dari rasa bersalah akan masa lalu dan merasa takut akan masa depan yang belum terjadi, itu dapat menyebabkan Anda tidak produktif.

Demikianlah semoga bermafaat, jika teman-teman suka jangan lupa untuk membagikan nya Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel